Konsep portal berawal dari
Wikipedia bahasa Polandia dan Jerman. Pada awal 2005, konsep portal diserap ke Wikipedia bahasa Inggris dan pada akhir 2005, ruang nama khusus (Portal:) diciptakan.
Suatu halaman portal dibuat dalam
ruang nama "portal". Dengan
demikian judulnya harus memiliki awalan "Portal:", contoh: Portal:Indonesia, Portal:Islam, Portal:Fisika dan sebagainya.
Portal di Wikipedia adalah halaman-halaman yang ditujukan
sebagai "Halaman Utama" untuk topik atau bidang spesifik tertentu.
Portal dapat dihubungkan dengan satu atau lebih ProyekWiki; namun,
tidak seperti ProyekWiki, selain untuk penyunting, portal juga ditujukan untuk
pembaca Wikipedia dan harus dapat mempromosikan isi dan mendorong kontribusi.
Intinya, portal adalah titik masuk yang berguna untuk isi Wikipedia pada suatu
topik tertentu.
Apakah
portal itu dan apa saja tipenya ?
Terminologi portal menjadi sangat
umum dan disalahgunakan serta kata ini mempunyai arti yang berbeda untuk setiap
orang. Konsep portal dan teknologinya muncul secara cepat dan mudah
berubah,sehingga penting bagi kita untuk memahami dan fokus pada berbagai tipe
portal dan aturan serta aplikasi-aplikasi yang terkait.
Pengelompokan portal menurut PortalsCommunity.com, dimana portal
dikelompokkan ke dalam 4 kategori.bagaimanapun juga penting untuk mengenal
bahwa implementasi portal yang signifikan dapat dikompromikan dalam banyak tipe
portal dan menjadi satu dalam solusi hibrid(cangkokan).
Keempat tipe portal bukanlah sesuatu
yang eksklusif dan harus mampu diintegrasikan dan disejajarkan. Masing-masing
kategori portal bisa dilihat penjelasan sebagai berikut :
1. Corporate/Enterprise(Intranet)Portals- (Portal Perusahaan) Business2Employee/ B2E (Bisnis ke
Pekerja)
2. e-Business (Extranet) Portals, mempunyai 3 sub kategori :
1) Extended
Enterprise Portals-Portal
Perluasan Perusahaan
2) E-Marketplace
Portal- Portal Pemasaran via net.
3) ASP portal.
3. Personal
(WAP) portals-Portal Pribadi.
4. Public
atau Mega Portals (Internet).
Organisasi yang siap masuk dalam
kategori ini menjadi “perusahaan” “media baru” dan fokus membangun pemirsa
online yang besar dengan demografi yang luas atau berorientasi profesional.
Karena portal mengumpulkan
informasi dari sumber back end yang beragam dan aplikasi-aplikasi, isu-isu
infrastruktur sering menjadi permasalahan penting bagi suksesnya penyebaran
portal. Isu infrastruktur terkait dengan kecenderungan portal untuk
membesar-besarkan permasalahan bahwa portal mendukung setiap sumber isi atau
setiap aplikasi back end. Infrastruktur di sini sedikit berhubungan dengan
hardware fisik, tetapi lebih kepada interkoneksi dari hardware dan software.
Berikut adalah pengenalan pada beberapa infrastruktur yang terkait dengan
portal.
Portal
dan Infrastruktur
·
Hosting
Service Provider (Penyedia jasa web hosting)
Hosting Service Provider
mengoperasikan dan memelihara servis portal. Ini bisa berasal dari internal
organisasi, seperti departemen IT, atau bahkan eksternal organisasi, seperti Application
Service Provider (ASP) atau penyedia jasa hosting (site). Tugas dari hosting
service provider adalah melakukan manajemen system dan administrasi site.
·
Service
Level Agreement (Kesepakatan tingkatan servis)
Kesepakatan tingkatan servis mendefinisikan
level servis yang pantas dan tepat untuk memenuhi sistem yang diminta
pelanggan.
Pada umumnya berupa daftar
kemampuan dan spesifikasi yang tersedia, yang diberikan beban kerja tertentu.
·
Platform
Beberapa tipe platform yang
berbeda telah dikembangkan. Platform yang paling menembus adalah Operating
System (O.S). OS yang paling mendapat perhatian di pasaran saat ini adalah
Microsoft Windows dan Macintosh (untuk tingkatan client), kemudian WindowsNT,
Windows2000, Unix dan
variant-variantnya (seperti Sun Solaris, IBM AIX, IBM OS/390, Linux) untuk
server, kemudian operating sistem yang berorientasi mainframe tradisional, (OS
/390, OS /400, dan sebagainya) yang juga diklasifikasikan sebagai server.
·
Lapisan
Client
Umumnya terdiri dari operating system,
sebuah web browser, dan email/groupware client (seperti Lotus Notes atau
Microsoft Outlook). Software lapisan ini sering di bangun dengan lapisan
presentasi, lapisan aplikasi, dan lapisan data. Dalam aplikasi-aplikasi web,
juga memasukkan plug-ins, atau Active-X control, tergantung browser yang anda
gunakan.
·
Server
Presentasi
Server presentasi umumnya
mendukung operasi-operasi interface pengguna portal. Umumnya berupa web server,
seperti Apache, Microsoft IIS, atau NetscapeiPlanet. (web server lainnya ada
tetapi ini adalah tiga yang tertinggi). Server presentasi ditujukan untuk
mendukung aplikasi-aplikasi berbasis web.
·
Server
Aplikasi
Server aplikasi seringnya tetap
terpisah dari server presentasi. Ini dilakukan untuk memisahkan lapisan presentasi
dari lapisan aplikasi, praktek ini sering diadopsi untuk mengurangi efek dari
perubahan item look-and-feel yang mempunyai kode bisnis aktual. High-end
arsitektur server aplikasi, diantaranya Microsoft’s COM atau arsitektur SUN’s
J2EE yang sengaja melakukan pemisahan ini. Ketika server presentasi “mengambil
layar“, ini juga menyebabkan server aplikasi dalam “real world“ untuk
diselesaikan, memproses informasi yang dimasukkan dalam layar. Server aplikasi
yang umum adalah BEA Weblogic, Oracle 9iAS, IBM Websphere, dan Microsoft MTS.
·
Server
Integrasi
Server integrasi adalah sebuah
tipe dari server aplikasi.
Contoh dari server ini adalah IBM
MQ Series.
·
Server
Data
Pemain tertinggi dari pasar ini
adalah Oracle, IBM DB2, Microsoft (MQ SQL Server), dan Sybase. Tidak semua data
disimpan dalam database relasional. High end search engine, seperti Autonomy
menempatkan data dalam file-file flat.
·
Manajemen
Sistem
Manajemen Sistem adalah
perjuangan yang terus-menerus melawan hokum Murphy. Umumnya ada dua segmen dari
tugas manajemen sistem : Manajemen Operasi dan Engineering. Manajemen operasi
ditujukan untuk fokus pada tugas-tugas harian yang dibutuhkan untuk
mengoperasikan dan memelihara sistem pada tingkatan servis yang diinginkan.
·
Network
(jaringan)
Konsep inti dari portal adalah
konsep jaringan. Portal adalah alat yang mengorganisasikan orang-orang di atas
meja dalam sebuah jaringan. Portal mengalokasikan penempatan layar yang tepat
untuk setiap servis yang diadakannya.
·
Lintas
Operasi (Interoperability)
Interoperability adalah hal yang
penting dalam portal.
Umumnya portal mengintegrasikan
beberapa aplikasi web, (dimana dapat berupa berbagai arsitektur),
aplikasi-aplikasi desktop tradisional, (seperti Wordprocessor dan spreadsheet).
Semuanya itu menggunakan teknologi portal, banyak dari komponen ini, bisa
dikonsolidasikan menjadi suatu desktop tunggal terorganisasi.
·
Penyebaran
teknologi
Satu penyebaran telah dilakukan,
sebuah operasi dimulai. Operasi-operasi yang terdiri dari pemeliharaan service
inherent (khusus) untuk sebuah aplikasi dari hari ke hari, lebih disukai dalam
persetujuan level servis tunggal. Berkaitan dengan, performansi dan
ketersediaan kecenderungan untuk mempunyai tugas-tugas terbatas dalam sebuah
organisasi. (Satu argumen jika sebuah aplikasi tidak bekerja baik maka tidak
tersedia maka tidak dapat bekerja).
·
Performansi
Performansi adalah hal yang
penting untuk beberapa portal. Sebuah portal yang tidak mampu tidak akan
dilihat sebagai pemberi nilai tambah bagi komunitas pengguna. Manajemen
performansi terdiri dari dua tipe tuas, dimana terjadi di run-time (ketika
dijalankan), dan ketika terjadi dalam jangka waktu yang panjang.
·
Ketersediaan
Tujuan lain dari penyebaran
teknologi adalah ketersediaan. Sistem harus mempertemukan harapan
ketersediannya. Untuk memastikan ketersediannya, proses QA digunakan dalam
pembangunan, aplikasi dari hardware yang berlebihan dan software telah lama
sebagai proses peluncuran.
·
Penyeragaman
dalam lingkungan Pembangunan (Unified Development Environment)
Unified Development Environment
menyederhanakan implementasi portal. Dalam prakteknya, hal ini cenderung
merupakan kombinasi orientasi Microsoft Environment dan Java Environment;
Bagaimanapun juga, keduanya dapat
bekerja dalam sebuah workstation developer dengan Sistem Operasi Microsoft.
·
Unity
(Kesatuan)
Pentingnya sebuah portal
sesungguhnya adalah kemampuan untuk mengintegrasikan berbagai macam teknologi
dalam layar web tunggal. Layar ini mampu mendukung integrasi dari
teknologi-teknologi lebih dari berbagai platform pada portal high–end. Portal
mengimplementasikan kesatuan yang mungkin dibutuhkan untuk berinteraksi dengan
semua lapisan dalam kumpulan berbagai aplikasi umumnya.
Sumber :
https://rifq221091.wordpress.com/category/konsep-portal-dan-manajemen-konten/
http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Portal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar