Untuk melihat sebuah solusi portal
kompetitif, kita telah membagi berbagai macam komponen yang terkait dengan
portal ke dalam lapisan-lapisan jasa atau servis. Tipe dari kerangka ini
memungkinkan sebuah perusahaan merakit sebuah arsitektur yang solid untuk satu
atau banyak portal, dibandingkan bila menyandarkan pada pembuat portal tunggal.
Kerangka yang fleksibel dan terskala memungkinkan sebuah portal perusahaan
untuk menyusun sebuah gabungan teknologi baru perusahaan dan fungsionalitas.
Perusahaan akan ingin mencampur dan
memadukan jenis elemen yang terbaik dari solusi portal dengan mempertimbangkan
lapisan-lapisan jasa atau pelayanan ini.
·
Jasa
Presentasi
Lapisan ini adalah kerangka portal menguraikan
antara presentasi isi suatu portal dengan pengguna akhir (end user) dan
menyajikannya ke dalam web interface. Window browser utama mungkin
disegmentasikan dalam frame untuk setiap aplikasi khusus atau browser window
baru dapat dibuat jika ada aplikasi baru yang diinginkan. Ini biasa
dilakukan di HTML (Hyper Text Markup Languange) , tapi juga bisa
dilakukan di WML (Wireless Markup Languange) untuk peralatan wireless,
atau banyak format lain di masa yang akan datang. Karena sebuah portal adalah
kumpulan dari jendela yang berbeda (juga sering disebut sebagai web service),
pertanyaannya adalah dimana presentasi bekerja sampai selesai atau dia justru
tidak memberikan solusi atas suatu masalah.
Pada
banyak portal, masing-masing portlet bisa membuat HTML yang dibutuhkan
untuk portlet tersebut, dan lalu server portal menggabungkan portlet ini
dalam presentasi HTML akhir. Pada portal yang lain, masing-masing portlet benar-benar
merupakan Web servis, dimana mengubah XML dan mengubah XSLT, dimana portal itu
lalu mentransformasikan dalam format presentasi akhir.
- Jasa Informasi
Sebuah portal adalah agregat satu atau
lebih informasi. Jasa informasi dapat dimengerti sebagai informasi yang penuh
makna-dimana dapat berasal dari sumber data terstruktur, sumber isi tak
terstruktur di dalam perusahaan, atau informasi eksternal yang tersedia dalam web
site publik atau pribadi. Informasi dapat berasal dari pihak ketiga (third
party) dalam format sebuah web servis (seperti serikat dagang), atau dapat
disediakan dalam format dokumen. Pengguna akhir kemudian dapat berlangganan (subcribe)
pada satu atau lebih jasa informasi dalam bagian basis pribadi sesuai
pengaturan portal.
- Jasa Infrastruktur
Sebuah kerangka portal yang kuat
adalah portal yang memungkinkan jasa infrastruktur berbagai level dimana
menyediakan penggabungan komprehensif dan platform terintegrasi. Ini termasuk
servis berhubungan untuk memunculkan keseimbangan, penimbunan bahan-bahan,
ketersediaan dan performansi yang tinggi yang disediakan oleh lingkungan web
server, sebagai hal yang mendasari infrastruktur keamanan. Infrastruktur
keamanan pada lapisan ini terdiri akses keamanan yang berhubungan dengan isu (firewall,
VPN, dan sebagainya). Juga termasuk sinkronisasi LDAP, penyatuan
otentifikasi, login tunggal lintas-platform dan otorisasi dari servis portal.
- Manajemen Identitas atau Jasa Sekuritas
Jasa identifikasi berhubungan dengan
keamanan dalam level suatu portal pada tingkat cross-aplikasi (lintas
aplikasi). Ini termasuk juga jasa otentifikasi (username/manajemen password),
sinkronisasi LDAP, sign-on, group, dan sebagainya).
Ini
juga termasuk jasa otorisasi, dimana memetakan aturan, hak istimewa pengguna
akhir (user) dalam kebijakan untuk mengatur otorisasi disediakan dalam
level ini, user dapat menset up/ mengatur keamanan content service.
Dalam arsitektur portal yang terintegrasi dengan baik, front end dengan
lapisan (Administrasi dan Content) akan mengkomunikasikan dalam sebuah
dasar/basis, set independen dari servis keamanan.
- Servis Manajemen atau Adminstrasi
Servis manajemen atau administrasi
sangat diperlukan oleh portal untuk kemudahan administrasi dan dukungan,
mengijinkan “power user“ (user yang berkuasa) untuk mengkonfigurasikan
kerangka portal untuk komunitas end user (user akhir). Dalam hal ini,
organisasi IT dapat mengkonfigurasikan, mengatur dan mendukung environment
(lingkungan).
Jasa
adminstrasi ditawarkan melalui interface web (dalam banyak portal), dalam beberapa
kasus ada client atau program server yang membuat administrasi menjadi
mudah. Servis ini termasuk manajemen taksonomi (pengklasifikasian), manajemen
user, manajemen konfigurasi, manajemen aturan, modul registrasi, dan servis
informasi.
- Akses dan Servis Integrasi
Sebuah solusi portal komprehensif akan
menyediakan arsitektur untuk mencoba aplikasi dan database back-end. Lapisan
servis akses dan integrasi menyediakan fungsionalitas baik kepada portal,
maupun kepada portlet individual. Lapisan ini diikat dalam sebuah solusi
EAI untuk memperoleh akses pada pengalih back-end atau API. Lapisan servis
integrasi dan akses yang terformulasi dengan baik akan memungkinkan pembangunan
adapter tambahan untuk sistem yang baru dibutuhkan.
- Servis konten (Content servis)
Servis konten adalah bagian penting
dari sebuah solusi portal komprehensif. Servis konten merupakan kesepakatan
dengan manajemen aset digital yang tak terstruktur dalam portal. Secara umum
ini termasuk full text indexing engine (mesin penunjuk full teks), satu
set crawler (penelusur) yang memungkinkan navigasi dan penunjukan konten
yang ada, gudang metadata, dan sebuah CMS (Content Management Service)
yang memungkinkan pendaftaran dan persetujuan isi (konten) ke dalam portal.
Lapisan ini juga termasuk manajer taksonomi.
- Servis kolaborasi (kerjasama)
Servis kolaborasi memungkinkan end
user (pengguna akhir) dari portal untuk bekerja bersama secara lebih efektif
dengan menyediakan ruang kerja (workspace) bersama, gudang dokumen
bersama (shared documents repository), forum interaksi atau diskusi real
time. Servis kolaborasi juga memungkinkan pendefinisian dan eksekusi dari
aliran kerja lintas perusahaan dan di luar perusahaan pada sumber isi yang
berbeda dan sistem back-end.
- Servis pembangunan (Development service)
Servis pembangunan adalah sebuah
lingkungan yang mengijinkan pembangunan portal secara custom (sesuai
selera), modul portal (custom), atau portlet. Sering kali portlet
diimplementasikan sebagai tingkatan dari web service. Servis
pembangunan memungkinkan kreasi dari modul ini, dengan menyediakan HTTP, rendering,
kustomisasi, dan servis XML yang terkait. Servis pembangunan juga menyertakan
alat pendukung dan metodologi-metodologi.
- Servis aplikasi (Application services)
Servis aplikasi adalah servis yang
dihasilkan melalui engine portal atau asisten portal melalui interface
API (kadang dikenal sebagai portlet atau gadget) atau lapisan
EAI. Servis aplikasi menyertakan interface dan integrasi pada paket
software perusahaan seperti SAP dan Oracle ERP solution, Siebel ERM solution,
PeopleSoft HR Solution, dan i2 SCM solution. Servis aplikasi juga menyediakan
akses untuk sistem legasi yang berbeda, manajemen konten, manajemen dokumen dan
kolaborasi.
Komponen
Fungsional Portal
Portal menyediakan kombinasi “out
of the box“ (di luar kotak) dan pengaturan fungsionalitas sesuai keinginan
yang memungkinkan user untuk menemukan, mengatur, mengkategorikan, dan
menggunakan isi dan aplikasi-aplikasi. Walau tidak semua portal mempunyai
feature (keistimewaan) tersebut, hal ini menggambarkan pandangan tingkat tinggi
dari elemen-elemen yang bisa dibuat sebagai solusi portal.
- Taksonomi (taxonomy)
Walau taksonomi dapat didefinisikan
sebagai direktori isi (konten) untuk sebuah informasi perusahaan yang tak terstruktur,
ini bisa dikelompokkan sesuai isi dan dipresentasikan kepada user dengan
berbagai cara. Baik substansi dan tingkah laku dari direktori yang ditetapkan
sebagai taksonomi untuk sebuah perusahaan.
Daftar
bertakik, pohon klasifikasi dan hirarki adalah cara lain menggambarkan struktur
taksonomi, bagaimanapun jua, hal ini akan memberi kita cara untuk
mengorganisasikan isi ke
dalam
struktur yang mudah dibrowse oleh pengguna portal.
- Direktori
Direktori portal adalah
organisasi dari isi dalam struktur dan hirarki kategori.
Direktori merupakan
implementasi dari taksonomi (pengklasifikasian) portal perusahaan.
- Browse atau navigasi dokumen
Feature ini memungkinkan pengguna
portal untuk mencari isi dengan menelusuri struktur direktori.
- Search (pencarian)
Bagian fundamental dari implementasi
portal adalah kemampuannya mencari (search), dengan mengindeks atau
merujuk isi perusahaan dari sistem penyimpanan yang beraneka ragam dan
memungkinkan pengguna untuk mencari dan memperoleh isi didasarkan kriteria
pilihan.
Pencarian
melintasi banyak portal yang beraneka dan aplikasi terintegrasi yang
direferensikan sebagai “kumpulan“ atau pencarian jaringan. Dalam skenario ini,
pengguna dapat menspesifikasikan kriteria
pencarian
sekali, tetapi memperoleh links dari isi yang berkaitan dari
bermacam-macam sumber data yang menjadi sasaran pencarian.
- Manajemen isi (konten)
Manajemen isi adalah proses
penciptaaan, kontribusi, pemunculan kembali, persetujuan, publikasi,
pengiriman, dan pemeliharaan konten yang terintegrasi dengan melalui portal
atau website lain. Manajemen isi biasanya berbentuk teks dan grafis yang bisa
dilihat dari web browser.
- Manajemen dokumen
Manajemen dokumen sama dengan
manajemen konten, meskipun ini didasarkan pada kontrol dan manajemen dokumen
perusahaan (berbeda dari halaman web) yang disimpan dalam file elektronik,
termasuk image hasil scan dari kertas dokumen. Ini juga termasuk
pengecekan dokumen masuk dan keluar untuk memastikan kontrol versi.
- Pengaturan end user
Pengaturan yang didasarkan pada
kemampuan portal untuk memungkinkan penggunannya mengatur penampilan mereka
sendiri (pada atribute interface look – and – feel). Pengaturan umumnya
mengakomodasikan penampilan dari pola warna, modul, dan lay out dari modul dan
konten dari halaman portal.
- Personalisasi
Personalisasi portal dapat dilihat
pada berbagai tingkatan. Setiap pengguna dapat mempunyai setting untuk setiap
fungsi portal yang dapat mereka gunakan. Sebuah komunitas, atau kelompok
pengguna, dapat mempunyai setting tersendiri dan setting tersebut dapat
diluncurkan ke level organisasi. Portal menyediakan kerangka bagi penggunanya
untuk menyimpan setting dan menyesuaikan isinya seperti apa yang mereka ingin
lihat.
- Penemu ahli (Expert locator)
Dalam rangka menolong pengguna mencari
informasi yang penting bagi mereka, sebuah portal bisa sangat berguna dalam
menemukan “ahli” dalam suatu organisasi. Ini merupakan perluasan konsep dari
pengetahuan perusahaan untuk memasukkan orang dan keahliannya masing-masing.
Dalam beberapa kasus, keahlian (skill) ini tercermin dari fungsi
pekerjaan dan tipe informasi yang mereka tangani. Dalam kasus yang lain
keahlian ini bersifat eksplisit.
- Kolaborasi (kerja sama)
Sebuah solusi EIP (Enterprise Information Portals) dapat
menjadi alat kolaborasi yang sangat kuat. Fungsi kolaborasi memungkinkan
kelompok pengguna bekerja bersama untuk berbagi ide dan menyelesaikan kerja
sebagai tim. Kolaborasi menyertakan interaksi elektronik diantara pengguna
dalam lokasi fisik yang berbeda dalam waktu nyata (real time) “syncronous“
dan dalam waktu berbeda “asyncronous“. Forum kolaborasi berupa pesan
instan (instan messaging) “chat“, ruang kerja tim, dan forum
diskusi, sharing document, papan elektronik, konferensi virtual,
dan konferensi video.
- Business intellegence
Sebagian besar portal perusahaan dapat
berfungsi sebagai universal front-end untuk komponen yang berbeda dari
solusi business intelegence, membantu penggunanya membuat keputusan
bisnis yang lebih baik. BI memasukkan pelaporan perusahaan, laporan ad hoc (khusus),
analisis OLAP dan multidimensi, dan laporan pengecualian.
- Alerts
Alerts adalah pemberitahuan adanya event atau
perubahan yang didasarkan pada satu atau lebih kondisi yang melibatkan
informasi tunggal atau beragam atau sumber aplikasi. Pemberitahuan ini dapat
dikirim ke portal sebagai mekanisme lain seperti email atau peralatan wireless.
Alerts biasanya mengakomodasikan keinginan pengguna individual,
diantaranya mekanisme pengiriman dan format, kondisi yang memicu alerts,
dan frekuensi pemberitahuan.
- Langganan/Apa berita terbaru?
Beberapa portal (dan webste lain dan
aplikasi-aplikasi lain) memungkinkan individual untuk mendaftar pada topik yang
menarik atau berlangganan “subscribe” pada sebagian komponen atau
berdasar kategori isi (konten). Portal akan memberitahukan pelanggan ketika isi
berubah atau isi yang baru ditambahkan.
- Workflow (aliran kerja)
Aliran kerja didasarkan pada manajemen
elektronik efisien dari proses bisnis, termasuk peranan, tugas, template,
penilaian, penyetujuan, dan prosedur kenaikan. Dalam portal, sistem workflow
ini diselenggarakan dan dintegrasikan untuk meningkatkan interaksi antar
komponen modul portal yang berbeda yang melalui aliran proses bisnis. Dalam hal
ini, pemberitahuan mengingatkan bahwa tahapan atau tugas dari workflow (aliran
kerja) telah ditentukan sudah dikirim ke portal kepada penggunanya.
- Single Sign-on.
Kemampuan untuk melihat informasi dari
berbagai macam sistem, berbagai macam format, yang ditampilkan dalam satu
halaman dengan harapan memberikan manfaat besar pada komunitas pengguna portal.
Hasil ini secara signifikan akan mengurangi training dan orientasi pekerja,
sebagai penghematan waktu dari pengguna yang dapat memonitor dan update beraneka
ragam sistem melalui tampilan web tunggal dari perusahaan. Semenjak
sistem yang berbeda menyusun sebuah halaman portal bisa diamankan dengan user
login yang berbeda, solusi single signon memfasilitasi navigasi
diantara sistem dalam pola otentifikasi tunggal.
Daftar Pustaka
1.
Efraim
Turban, David King, etc (2002). E-Commerce Management Perspectives. Prentice
Hall. Atau edisi terbaru [TB]
2.
Jeffrey
Rayport, Bernard J Jaworsky (2003). Introduction e-Commerce. McGraw Hill Inc
[RY]
3.
Tambahan : Joe Peppard & Phillip Rowland (1995).
The Essence of Business Process Rengineering. Prentice Hall Ltd [Pp]
4. Tambahan : Omar el Sawy
(2001). Redesigning enterprise Process for e-Business. McGraw Hill Inc [SW]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar